Perkembangan Animasi di Indonesia

Film Animasi produk Indonesia pertama kali di buat pada tahun 1980-an dan menjadi serial televisi saat ini berjudul ’Si Huma’ produksi PT PFFN.

Kisah kepahlawanan dan sikap nasionalisme di sampaikan oleh PT Pro Animasiondo dengan menghasilkan karya ’Satria Indonesia’ pada tahun 1994 hingga tahun 1996. cerita kocak trio helikopter dalam animasi ’Hela Heli Helo’ juga ikut meramaikan bisnis animasi di Indonesia dari sebuah rumah produksi di Surabaya.

PT Penangkaran Bening Studio dari Yogyakarta banyak menghasilkan animasi khusus cerita rakyat, seperti ’Si kancil’, ’Timun Mas’, ’Si Kurus dan Singo loreng’; dan beberapa cerita anak lainnya. Hingga kini timnya aktif dalam memproduksi animasi untuk televisi komersial hingga animasi produk sebagai sponsor.

Sebuah tim dari mahasiswa STMIK AmikomJogjakarta bekerjasama dengan PT. Mataram Surya Visi berhasil memproduksi film animasi ’jatayu’ dan ’Petualangan Abdan’ pada tahun 2003.

Tahun 2004 merupakan sejarah bagi peranimasian Indonesia dengan di buatnya film cerita panjang animasi 3D pertama oleh Studio Kasat Mata Jogja bekerjasama dengan kelompok Visi Anak bangsa pimpinan Garin Nugroho, membuat film Animasi 3D ’Homeland’ dengan sutradara Gangsar Waskito. Tim yang terdiri dari 14 Orang ini Hanya menggunakan 5 buah komputer dan menyelesaikan dalam waktu 14 bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s