Pendekatan Pengembangan Perangkat Lunak

Ada beberapa pendekatan utama yang ada pada industri komputer untuk pengembangan perangkat lunak. Beberapa pendekatan yang ada merupakan pendekatan dasar dan ada juga yang muncul dari lingkungan penelitian. Batasan seperti spesifikasi yang dibutuhkan dan standar sangat perlu untuk menentukan pendekatan yang tepat untuk pengembangan perangkat lunak nantinya. Pendekatan utama pengembangan perangkat lunak adalah sebagai berikut :

1. Structured Approach

Structured approach telah diajukan untuk rekayasa perangkat lunak life cycle. Pada tahap analisis, dikenal hubungan hirarki dan fungsi antara objek dan aktivitas. Pada setiap tingkat dekomposisi, komponen sistem dilukiskan sebagai komponen induk, input, output, kontrol, aktivitas, dan mekanisme yang mendukung komponen. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang terdapat pada structured approach :

a. Structured Analysis

Structured analysis didasarkan pada penggunaan data flow diagram yang diperkenalkan oleh Tom DeMarco. Data flow diagram membuat model proses dengan aliran data dan transformasi, membentuk masukan data jaringan sebagai input, melanjutkan fungsi transformasi dengan maupun tanpa data lain, kemudian menjadi output.

b. Structured Design

Structured design memetakan aliran data dari pusat masalah sampai ke struktur perangkat lunak. Langkah structured design meliputi pengenalan aliran data melalui representasi citra, identifikasi beragam elemen pengubah, mengumpulkan elemen-elemen dalam struktur program hirarki, dan mengoptimalkan elemen.

c. Structured Programming

Structured programming merupakan pendekatan yang efisien untuk mengembangkan kode program komputer. Pendekatan ini didasarkan pada pembuktian struktur teorema secara matematika yang menyatakan program yang memiliki satu masukan dan satu keluaran adalah sebanding dengan program yang hanya memiliki tiga struktur logika berikut :

  • Sekuensial dari dua atau lebih operasi
  • Cabang kondisional ke satu atau dua operasi dan kembali ( If A Then B Else C )
  • Pengulangan operasi saat kondisi true ( Do – While p )

2. Object-Oriented Approach

Pada object-oriented approach, model entitas dibentuk sebagai komponen self-contained. Entitas program merujuk pada objek yang lebih dari satu kelas. Object-oriented design ditampilkan sebagai metode untuk pemodelan masalah dengan pandangan yang seimbang antara objek dan operasi yang dilakukan seperti yang disarankan oleh Booch berikut ini :

  1. Tentukan strategi informal untuk solusi masalah.
  2. Identifikasi objek yang digunakan dalam strategi informal.
  3. Identifikasi operasi pada objek yang digunakan dalam strategi informal.
  4. Tentukan arsitektur sistem perangkat lunak dan antarmuka operasi.
  5. Ulangi proses di atas jika diperlukan.

3. Entity Relationship Approach

Entity relationship approach menggunakan model entity relationship untuk mengelompokkan informasi dari dunia nyata. Pendekatan ini mengenali database yang diperlukan pada tingkat logika dan fisik. Informasi ini dibuat dengan menentukan entitas pusat, interrelasi entitas, dan atribut yang dimiliki entitas. Konsep ini harus dipetakan dalam bentuk rencana untuk dapat diimplementasikan pada sistem manajemen database.

4. Event-Oriented Approach

Event-oriented approach dikenal sebagai konsep respon stimulus, dimana kejadian adalah stimulus bagi sistem, dan respon dibentuk dari aksi yang diambil oleh sistem dan output resultan. Pendekatan ini membangun sistem yang berdasarkan jenis kejadian yang dialami oleh sistem.

5. Stepwise Refinement Approach

N. Wirth mengajukan konsep stepwise refinement, strategi disain top-down, yang prosesnya dimulai dari abstraksi tingkat tinggi dan gabungan detil melalui urutan terperinci. Dekomposisi program metode ini paralel dengan proses partisi yang sering digunakan dalam requirements analysis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s