Aplikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak dapat diaplikasikan saat langkah-langkah prosedur ( seperti algoritma ) telah ditentukan. Isi dan batasan informasi adalah faktor penting dalam menentukan ruang lingkup aplikasi perangkat lunak. Isi merujuk pada arti dan bentuk informasi masukan dan keluaran, seperti banyak aplikasi bisnis yang menggunakan input data terstruktur dan menghasilkan laporan-laporan. Perangkat lunak yang mengatur mesin otomatis ( seperti kontrol numerik ) menerima data diskrit dengan struktur terbatas dan menghasilkan perintah mesin individual dalam pergantian yang cepat.

Batasan informasi merujuk pada urutan dan waktu input data yang terprediksi. Sebuah program analisis rekayasa menerima data yang urutannya telah ditentukan, mengeksekusi algoritma analisis tanpa interupsi, dan menghasilkan data resultan dalam format laporan maupun grafik.

Berikut ini adalah ruang lingkup perangkat lunak yang mengindikasikan luasnya aplikasi potensialnya :

1. System Software

System software adalah kumpulan program tertulis untuk melayani program lainnya. Beberapa perangkat lunak sistem ( seperti : compilers, editors, dan file management utilities ) memroses struktur informasi kompleks terbatas. Aplikasi sistem lainnya    ( seperti : operating system components, drivers, telecommunication processors ) memroses data tidak terbatas. Karakteristik perangkat lunak sistem memiliki interaksi yang tinggi dengan perangkat keras, penggunaan oleh multi users, operasi bersamaan yang memerlukan jadwal, resource sharing, dan manajemen proses yang rumit, struktur data kompleks serta antarmuka eksternal ganda.

2. Real-Time Software

Real-time software adalah perangkat lunak yang mengukur, menganalisa, dan mengontrol kejadian nyata yang real-time. Elemen dari perangkat lunak real-time mencakup komponen pengumpulan data yang mengoleksi dan memformat informasi dari lingkungan eksternal, dan mengawasi komponen yang berkoordinasi dengan komponen lainnya sehingga respon real-time dapat dipertahankan. Harus diperhatikan bahwa istilah “real-time” berbeda dengan “interactive” atau “timesharing”. Sistem real-time harus merespon dalam batasan waktu yang ketat     ( biasanya 1 milidetik sampai 1 menit ). Waktu respon sistem interactive atau timesharing bisa melebihi waktu tertentu tanpa adanya kerusakan pada hasil.

3. Business Software

Proses informasi bisnis merupakan area aplikasi perangkat lunak terbesar. Sistem diskrit ( seperti : penggajian, penerimaan, pengeluaran, inventaris, dan lain-lain ) telah berkembang menjadi perangkat lunak management information system ( MIS ) yang mengakses database yang lebih besar yang mengandung informasi bisnis. Aplikasi dalam bidang ini merestrukturisasi kembali data yang telah ada untuk mendukung operasi bisnis dan pengambilan keputusan manajemen.

4. Engineering and Scientific Software

Engineering dan scientific software dilukiskan sebagai alogoritma “number crunching”. Batasan aplikasinya dari astronomi sampai volkanologi, dari otomotif sampai satelit, dan dari biologi molekular sampai manufaktur otomatis. Bagaimanapun juga, aplikasi baru dalam bidang rekayasa dan sains telah bergerak jauh meninggalkan algoritma numerik konvensional. Computer-aided design ( CAD ), simulasi sistem, dan aplikasi interaktif lainnya telah memulai perangkat lunak sistem real-time.

5. Embedded Software

Produk intelijen telah menjadi tempat umum bagi setiap konsumen dan pasar industri. Embedded software bertahan di read-only memory dan digunakan untuk mengontrol produk dan sistem untuk konsumen dan pasar industri. Embedded software hanya dapat menjalankan fungsi yang sangat terbatas ( seperti keypad control pada oven microwave ) atau menyediakan fungsi penting dan kemampuan kontrol ( seperti petunjuk minyak, tampilan dashboard, sistem rem pada mobil ).

6. Personal Computer Software

Pasar perangkat lunak personal computer ( PC ) telah merajalela sedekade lalu. Word processing, spreadsheets, computer graphics, entertainment, database management, personal and business financial applications adalah beberapa dari ratusan aplikasi yang beredar di pasaran. Kenyataannya, perangkat lunak PC terus menampilkan disain perangkat lunak yang paling inovatif.

7. Artificial Intelligence Software

Saat ini, ruang lingkup intelijensia semu yang paling aktif adalah expert system, yang juga disebut knowledge-based system. Ruang lingkup aplikasi perangkat lunak intelijensia semu adalah pengenalan pola citra dan suara, pembuktian teorema, dan permainan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s