Perbedaan Virus dan Worms

Untuk mempermudah melihat perbedaan kedua malware tersebut dapat ditinjau dari :

1.  Definisi

  1. pada awalnya virus, adalah, sebagai suatu program yang dapat menginfeksi program lain dengan memodifikasinya, termasuk kemungkinan untuk berevolusi dengan menggandakan dirinya sendiri. Seiring dengan perkembangan teknik pemrogramannya, terdapat beberapa bentuk virus yang tidak sesuai dengan definisi tersebut. Sebagai contoh, suatu virus yang sering disebut companion virus memiliki kemampuan menggandakan diri tanpa mengubah program yang diinfeksinya. Sehingga menurut Peter Szor (2005), definisi yang lebih akurat untuk virus pada saat ini adalah, suatu program yang secara berulang (recursively) dan dengan tegas (explicitly) menggandakan suatu versi dirinya sebagai kemungkinan untuk berevolusi
  2. Sedangkan definisi formal untuk worms,  adalah suatu program yang berpindah dari satu komputer ke komputer yang lain tanpa mengikatkan dirinya (attach itselft) pada sistem operasi komputer yang. Sejalan dengan perkembangannya, definsi worms tersebut sudah tidak begitu tepat. Beberapa worms sering menggunakan teknik untuk menyembunyikan kehadirannya dengan melakukan instalasi atau memodifikasi sistem. Sehingga definisi yang lebih tepat menurut Jose Nazario(2004), adalah suatu agen penginfeksi yang otonom dan independen dalam bereplikasi, serta memiliki kemampuan dalam menginfeksi sistem host baru melalui fasilitas jaringan.

2. Cara penyebaran

  1. Virus memerlukan campur tangan pengguna dalam penyebarannya, misalnya dalam proses download, klik ganda pada file yang terinfeksi, dan lain-lain.
  2. Sedangkan worms dapat secara otomatis menyebar dengan tanpa atau sedikit campur tangan dari penggunannya. Misalnya dengan satu kali klik pada file lampiran e-mail yang terinfeksi worms, maka satu atau beberapa sistem yang terkoneksi melalui e-mail tersebut akan segera terinfeksi.

One Response to Perbedaan Virus dan Worms

  1. Trimakasih kak ngebantu sangat buat ngerjain tugas sekolah
    Eh kak boleh tidak aku download dan bagaimana caranya ? Jelaskan donk . Please !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s