Laptop kena air hujan!

“Waktu perjalanan naek motor, kalau hujan deras lebih baik berteduh dulu” seandainya saya mematuhi nasehat tersebut mungkin laptop saya tidak begini keadaannya.

image

Yup,,LCD bergaris kemasukan air😦
Waktu perjalanan ke Malang kemarin memang hujan deras banget dan sialnya karena tas saya penuh banget jadi mantel tasnya tidak bisa menutup dengan sempurna, hasilnya ya bagian bawah tas basah banget dan sebagian bagian laptop terkena air padahal sebelumnya tas saya tidak pernah kemasukan air meskipun hujan deras, mungkin sekarang pas apes.😀
Untuk kalian yang memiliki pengalaman serupa,,langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik! Segera lepas baterai laptop Anda. Keringkan air yang kelihatan dengan lap kering, untuk mengeringkan bagian dalamnya bisa dijemur, ato bisa juga dibongkar biar lebih maksimal.
Karena kemarin cuacanya hujan terus jadi laptop ini cm saya kipas aja pakai kipas laptop selama seharian penuh,,katika ada panas langsung deh dijemur kurang lebih 4 jam. Ingat baterainya jangan ikut dijemur!
Setelah yakin airnya sudah hilang baru pasang baterai dan coba sambungin ke listrik, untung tidak ada tanda-tanda konsleting, baru deh laptop dinyalakan. Alhamdulillah laptop bisa nyala sempurna, tetapi air di LCD belum hilang semua jadi LCDnya seperti berembun dan ada garis2nya. Untungnya setelah dijemur lagi selama 2 jam, air di LCD sudah mulai berkurang dan setelah dipakai airnya juga menguap sendiri, sekarang hanya tinggal sedikit air yang tersisa.
Ingat, kalau hujan deras lebih baik berteduh, terutama yang bawa peralatan elektronik, tas anti hujan bukan jaminan.🙂

17 Responses to Laptop kena air hujan!

  1. dewa says:

    kok pengalamannnya sama kayak ane ya gan

  2. sya juga gtu gan waktu ke malang kemaren😦

  3. anjar says:

    ini sama banget ama kejadian ane hari ini. gara2 kehujanan padahal laptop ane udah dimasukin ke kantong yang ada mantelnya tapi ternyata airnya masuk dari bawah kantong terus airnya ngerembet keatas kena laptop. sekarang masih ragu apa harus di bawa ke tukang servis buat dibongkar terus dikeringin ato nunggu kering sendiri dengan cara di jemur kaya cara ente soalnya ane takut kalo ga kering sempurna entarnya ada komponen dari laptop ane yang berkarat😦

  4. angga says:

    mo tanya gan, ane juga ngalami hal yang sama, garisnya keliatan waktu laptop dimatiin, apa agan juga seperti itu

  5. melia says:

    10% di layar laptopku jadi white screen, gmana ya? apakah jg sama? u.u

  6. Benz Scoot says:

    Setuja gan…

  7. galpratama says:

    Wah sama kayak saya mas hahaha biasa ga knp2 sekarang nembus nih tas nya. Lcd nya kena air jg.

  8. dhani says:

    mirip jg sama pengalaman ane gan, rain cover tas ane biasanya tahan air, tapi ini malah merembes airnya gann.. pas pula ane bwa 2 laptop & ke22 nya lcd nya kemasukan air…
    thanks for sharing nya gan, tp ane bawa ke tlg servis aja dah, takut knp²..

  9. Farkhan says:

    sama tapi kerusakan beda. Laptop saya ada beberapa tombol yg ngadat (kadang mau kadang tidak) seperti tombol p, Up Arrow, Down Arrow, dan esc. solusinya gimana ya gan?

  10. sujana says:

    mau tanya gan itu kalo air yg ada didalem LCD nya di biarin aja bakalin kering trus ngilang sendiri gk gan ??

  11. Octha Nitha says:

    maaf saya mau nanya laptopku tadi kena air hujan terus layarnya kaya berembun, saya kan takut terus saya bawa ke tukang servis katanya sih aman, tapi bekas embunya msh ada nih min… minta solusi dong… saya takut kena marah soalnya laptop belum lama
    makasih

  12. Mas laptopku jg kena air tp gue awalnya gak tau kalo laptop itu kena air apa kagak tp pas ane cek tasnya ternyata basah jadinya sy terlanjut nyalain pas nyala laptop ane kagak bisa masuk ke windows n gak bs di shutdown jd gue inisiatif buat cabut baterenya dan dikipasin laptopnya.. smpe skrg blm nyoba nyalain lg tp kira2 kalo ane nyalain sekitaran 2 hari bisa nyala gak yah?

  13. teguh saputra says:

    Apa iya…bisa….

Leave a Reply

