Kode Symbian seri 60

Berikut ini adalah kode-kode yang terdapat pada ponsel symbian 60, saya sering menggunakan kode ini untuk penanganan darurat klo HP tiba-tiba bermasalah :p

*# 06 # IMEI

Untuk mengencek no IMEI (no seri internasional yang berbeda untuk masing-maing HP)

Tips: anda disarankan untuk mencatat dan menyimpan no imei ini, jadi jika anda kehilangan HP anda bisa melaporkan ke polisi, agar operator bisa melacak pemakai HP anda sekarang (dengan asumsi, sipelaku sedang mengaktifkan HP anda walaupun dengan kartu lain)

—————————————————–

*# 0000 # Versi Software

Untuk mengecek versi dan tanggal pembuatan software yang dipakai di HP (e.g. V3.42.1, 16-10-03, Nhl-10)

Tips: makin tinggi versi software dan makin baru tanggal peluncurannya makin bagus. Jika anda membeli HP second, anda bisa menggunakan ini sebagai referensi

——————————————————–

*#2820# Alamat perangkat Bluetooth (BT)

————————————————————

*#92702689# Penghitung Waktu HP (lifetimer)

————————————————————

xx # Akses cepat kephonebook di SIM

(Memanggil no yang disimpan dikartu SIM pada urutan ke XX)

Note: Untuk HP seri 60, mungkin ini hampir tidak dipakai lagi karena rata-rata user menyimpan phonebooknya di memori HP, bukan disimcard lagi

—————————————————

Tombol #

pada Kondisi standby – untuk pergantian profil secara otomatis (tekan dan tahan sekitar 2 detik)

Pada saat pengetikan SMS, MMS, Email – Untuk berganti modus text, huruf besar, kecil, jika ditekan dan tahan 2 detik berganti ke modus nomor, begitu juga sebaliknya.

——————————————————————-

Tombol “MENU”

Jika ditekan lama ( > 2 detik) akan memunculkan task manager atau list program yang sedang jalan di HP, gunakan joystick untuk berganti antar aplikasi, atau kita bisa menghentikan sebuah aplikasi secara paksa dengan menyorot keaplikasi yang dimaksud, kemudian menekan tombol “C”

——————————————————————

Tombol “0” wap/web browser

Jika ditekan lama pada kondisi standby akan menjalankan aplikasi layanan (browser wap/web)

——————————————————————

Akses cepat di MENU

Pada tampilan Menu, kita dapat memilih menu yang diinginkan secara cepat dengan cara menekan salah satu tombol 1~9, otomatis aplikasi yang iconnya pada urutan tersebut dimenu akan terbuka langsung. (penyusunannya paling atas urutan 1, 2, 3, ditengah 4, 5 , 6, dan dibawah 7, 8, 9)

———————————————————————

“Safe Mode”

kita dapat memby-pas aplikasi yang autostart (berjalan otomatis saat HP dihidupkan, seperti antivirus, powerlock, dll) dengan menekan dan menahan tombol “Pensil” saat HP dihidupkan sampai muncul tampilan menu

————————————————————————

12345 … adalah kode keamanan standard pada HP nokia

Mungkin akan sedikit berbeda pada HP yang dibundle dengan operator tertentu. (saya agak sedikit masalah dengan kode ini pada n70 dibundle untuk operator TIM yang dijual di Indonesia)

——————————————————————–

CUT, COPY, EDIT

Kita dapat melakukan modus pemotongan, penyalinan, maupun penempelan seperti layaknya di PC pada ponsel seri 60.

caranya, pada modus pengimputan sms, email, MMS, notepad, IM, dan semacamnya, Sorot text/angka yang akan dicopy/cut dengan cara menahan tombol pensil(atau tombol abc pada 7650) kemudian menggerakkan joystick keatas, kebawah, kekiri ataupun kekanan, sesuai dengan text yang akan kita sorot. dibagian kanan bawah akan muncul opsi salin, jika ingin menghapusnya tekn tombol “C”, dan jika ingin menempel/paste ketempat lain, tekan dan tahan lagi tombol pensil.

—————————————————————-

KODE KHUSUS (dipakai untuk tujuan tertentu, dan bisa berakibat fatal. Tidak dianjurkan bila anda tidak benar-benar memahami tujuan penggunaannya)

*#7370925538# DOMPET

Digunakan untuk me-reset password dan isi dari wallet/dompet (Tersedia pada s60 v.2), kode keamanan (security code) akan diperlukan saat melakukan ini.

—————————————————————-

*# 7780 # PENGATURAN AWAL

Berfungsi mengembalikan settingan HP kesetingan awal (Bluetooth,Favorit, tombol kiri kanan, Profil, settings SMS, logo operator, dll)

Aplikasi yang telah anda install, Phonebook, Kalender, dan lain sebagainya tidak akan terhapus atau mengalami perubahan sama sekali, kode keamanan (security code) akan diperlukan saat melakukan ini.

————————————————————————-

*# 7370 # SOFT FORMAT

Menghapus semua data, aplikasi, phonebook, calendar, profil, ringtone, image yang ada di memori telpon, dan dikembalikan semuanya kepengatuaran awal

Note: Data/password di dompet/wallet tidak akan terhapus sama sekali (khusus untuk hp yang menyupport wallet ex. 6600, 7610, 3230, dll).

Kode keamanan akan diminta sebelum anda melakukan ini.

Peringatan :

– pastikan baterai anda dalam kondisi Full sebelum melakukan hard reset ini.

– Disarankan membackup terlebih dahulu phonebook, calendar, dan data penting lainnya

——————————————————————–

“Tombol Hijau”+”Tombol *”+”Tombol 3” HARD FORMAT

Berfungsi Menghapus semua data, aplikasi, phonebook, calendar, profil, ringtone, image yang ada di memori telpon, dan dikembalikan semuanya kepengatuaran awal tanpa perlu masuk ke menu.

Sangat berguna bila anda tidak bisa masuk kemenu utama (karena virus/aplikasi hang/kesalahan font, file dll, dan lain sebagainya)

Note:

– Hanya berjalan pada symbian 60 V.7 keatas (tidak berjalan pada 7650, 36xx, N-gage)

– Data/passwprd di dompet/wallet tidak akan terhapus sama sekali (khusus untuk hp yang menyupport wallet ex. 6600, 7610, 3230, Samsung D720, dll).

– Dilakukan dengan cara mematikan HP, kemudian saat menghidupkan kembali tekan dan tahan ketiga tombol diatas, sampai muncul tulisan “Formating” (khusus s60 v.8 seperti N70, N72, dan semacamnya tidak akan muncul tulisan formating, namun layar anda akan blank putih beberapa lama)

Peringatan :

– pastikan baterai anda dalam kondisi Full sebelum melakukan hard reset ini.

– Disarankan membackup terlebih dahulu phonebook, calendar, dan data penting lainnya

– Disarankan sebelum melakukan ini, SIM Card dan kartu memori telah dikeluarkan terlebih dahulu, pada beberapa case, dapat mengakibatkan corupt pada kartu memori.

KODE MEMBUKA SIMLOCK

Beberapa tipe ponsel yang dibundling dengan operatornya, seperti N70 Vadafone, 6630 Tim, 6680 Orange, saat dipakai dengan provider lain (semisal dipakai untuk Telkomsel) tidak akan bisa atau rejected network, Untuk membukanya, agar bisa dipakai dioperator lain, anda bisa memakai kode tetentu.

# pw+ 1234567890 +1 # Provider LOCK status

# pw+ 1234567890 +2 # network LOCK status

# pw+ 1234567890 +3 # Country LOCK status

# pw+ 1234567890 +4 # Sim Card LOCK status

Code 1234567890 diganti dengan angka tertentu yang bisa dihitung dengan program DCT4 Calculator, SmartDCT4Calc dan semacamnya.

Note:

– Kesalahan dalam melakukan ini dapat mengakibatkan HP anda terkunci total. Tidak dianjurkan untuk pemula.

– Untuk memunculkan huruf p,w, dengan menekan tombol # beberapa kali.

KODE YANG BERHUBUNGAN DENGAN JARINGAN

—————————————————————-

* 3370 # EFR aktif

Mengakfifkan EFR (EFR = Enhanced Full rate , modus sinyal didua sisi/penuh, berdampak sinyal lebih kuat dan stabil, namun boros batrai

—————————————————————-

# 3370 # EFR tidak aktif

—————————————————————-

* 4720 # HRC aktif

Mengaktifkan modus HRC (half rate coding), coding sinyal setengahnya saja, sinyal tidak terlalu kuat (disarankan dipakai pada daerah yang dekat dengan BTS), modus ini hemat baterai

—————————————————————-

# 4720 # HRC tidak aktif

note:

-kode EFR maupun HFR, tidak bisa diakses pada sebagian besar ponsel s60 (karena mode EFR/HR dilalukan otomatis), namun bisa pada ponsel seri 40, ataupun dibeberapa ponsel non nokia. (tested on siemens)

-Setelah anda memasukkan kode ini, HP akan restard dengan sendirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s